Selasa, 17 Februari 2009

Payudara

Gangguankesehatan payudara selalu menjadi momok yang menakutkan bagi setiap wanita, Namun tidak semua gangguan payudara akan mengancam keselamatan jiwa,asalkan dilakukan pemeriksaan sejak awal dengan disertai dengan gaya hidup yang sehat yang harus ditetapkan sejak dini dan dijalani setiap hari, secara berkesinambungan. Hal itu bukan hanya akan menjamin kesehatan payudara anda, Namun juga kesehatan tubuh secara menyeluruh.
Cara tersebut dapat dipastikan akan mencegah atau mengontrol gejala gejala gangguan kesehatan payudara,Seperti kista, tumor, Bahkan kanker payudara.
Monitoring payudara
Ada beberapa cara monitoring kesehatan payudara yang biasa dilakukan, yaitupemeriksaan klinis,mammografi,pemeriksaan sendiri.
Pemeriksaan klinis biasa dilakukan oleh dokter biasanya setiap 1 - 3 tahun sekali bagi wanita usia 20 -40 tahun dan 1 tahun sekali bagi wanita usia diatas 40 tahun.
Mammografi merupakan penyinaran dengan sinar X yang memberikan gambaran bagian dalam payudara.
Pemeriksaan sendiri merupakan cara yang paling mudah untukmengetahui keadaan normal payudaraanda sekaligus membantu anda mendeteksi bila ada perubahan. caranya mudah angkat tangan anda keatas dan tangan sebelah meraba dan periksa payudara searah muali dari puting terus kesebelah atas, terapkan juga pada payudara yang satunya.
Macam macam gangguankesehatan payudara
infeksi payudara : infeksi pada jaringan payudara menyebakkan kulit kemerahan,terasa hangat, dan nyeri atau lunak.
Keluar cairan abnormal pada puting susu : Pada sebagian wanita ada sedikit cairan bening atau putih bila putingnya dipencet, baik dari satu sisi ataupun keduanya.
Perubahan fibrokistik : penyebabnya bisa akibat suatu penebalan pada payudara. Payudara terasa lunak dan sangat nyeri. Pada beberapa tempat mungkin terasa lebih keras dibandingkan yang lainya, kadang kadang terbentuk benjolan (kista) yang keras berisi cairan.
Benjolan jinak payudara : Benjolan jinak dapat timbul berbagai bentuk,tekstur,maupun ukuran.
Kanker payudara : Salah satu pentingnya melakukan pemeriksaan sendiri adalah menemukan kanker payudara sedini mungkin. tanda tanda terdapat kanker payudara adlah sebagai berikut
  • Suatu benjolan yang terasa berbeda dibandingka jaringan disekitarnya
  • ada perubahan dari warna atau tekstur kulit.
  • Ada lekukan kulit payudara.
  • Puting susu tertarik kedalam
  • Keluar cairan abnormal atau darah dari puting
  • satu payudara berubah ukuran atau bentuk
Ingatlah deteksi dini perubahan apapun akan mengurangi resiko dan akan memberi peliuang yang besar pada anda untuk mendapat perawatan yang lebih.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar